Skip to main content

Pilih Produk di Toko SehatQ untuk Mengatasi Sembeli Pada Bayi



Anda tahu gak kalau sembelit pada bayi ternyata bisa dilakukan di rumah hlo. Meskipun begitu berkonsultasi dengan dokter anak tetap harus dilakukan untuk proses penanganan yang optimal. 

Salah satu cara mengatasi sembelit ini pernah diulas pada website SehatQ. Berikut ini ringkasan dari penanganan tepat untuk menangani bayi sembelit . 

Ketika bayi mengalami sembelit tentunya orang tua akan merasa sangat khawatir dengan kondisi tersebut. Sebelum membawanya ke dokter, Anda dapat melakukan penanganan awal untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Mandi Air Hangat


Gunakan air hangat untuk memandikan bayi. Secara teknis, air hangat memebuat tubuh atau otot yang tegang menjadi lebih rileks. Sehingga hal tersebut dapat mengatasi sembelit pada bayi. Selain itu, penggunaan air hangat untuk mandi juga membuat bayi menjadi lebih nyaman.

Olahraga Ringan


Sama halnya orang dewasa pada umumnya, bayi pun perlu melakukan aktivitas olahraga untuk pertumbuhan serta memperlancar sistem pencernaan. Bayi yang berusia 2 bulan tentunya belum bisa melakukan kegiatan seperti berjalan, merangkatk, atau berdiri sendiri. Maka dari itu, orang tua perlu membantu aktivitas bayi agar dapat berolahraga dengan gerakan ringan. 

Misalnya bayi di posisikan terlentang, kemudian bantu untuk menggerakkan kaki seperti sedang berenang. Dengan olahraga ringan ini diharapkan sistem pencernaan tubuh bayi dapat lebih lancar, dan terhindar dari embelit.

Memijat Perut Bayi


Sentukan atau pijatan lembut pada perut bayi juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit pada bayi berusia 2 bulan. Berikut ini tahapan yang bisa Anda lakukan untuk memijat perut bayi: 

  • Gunakan lotion untuk mempermudah pijatan, 
  • Sentuhan lembut menggunakan ujung jari dan lakukan pergerakan melingkar di sekitar perut bayi dengan gerakan searah jarum jam.

Merubah Konsumsi Susu Formula


Terkadang bayi berusia 2 bulan dalam proses pemberian asupan nutrisi dari ASI, maupun susu formula bila ibu tidak mengeluarkan asi. Bila bayi mengalami sembeli, ada baiknya untuk merubah pola makan bayi terutama pada jenis susu yang dikonsumsi. 

Sebab beberapa bayi secara otomatis mencoba beradaptasi dengan nutrisi yang dikonsumsi. Jadi bila terjadi sembeli pada saat minum susu formula A, cobalah untuk konsultasi dokter untuk merekomendasikan susu bayi yang tepat.

Jika setelah menggunakan cara merubah susu formula, tapi tidak bisa mengatasi sembelit. Berarti ada faktor lain yang menjadi penyebab sembelit.

Ciri-Ciri Umum, Bayi Mengalami Sembelit


Kadang ada orang tua yang sama sekali tidak menyadari anaknya sedang mengalami masalah sembelit. Namun ada beberapa ciri-ciri yang dapat terlihat dari ekpresi maupun tingkah laku bayi pada saat buang air besar.

Feses yang bertekstur keras


Feses yang keluar dari dubur bertektur agak keras, bisa jadi bayi Anda sedang mengalami sembelit. Hal ini biasanya ditandai bayi jarang buang air besar dalam waktu tertentu.

Mengejan

Bayi juga bisa memperlihatkan ekspresi mengejan pada saat buang air besar seperti orang dewasa pada umumnya. Jika ekpresi wajah bayi sedang menunjukkan ketidaknyamanan seperti mengejan pada saat buang air, bisa diartikan bahwa bayi sedang mengalami sembelit.

Perut Kencang  atau Kaku 

Ketika buang air coba sambil pegang perut, bila terasa kaku otot bisa jadi salah satu tanda bahwa bayi sedang sembelit. Sebab tekanan dari proses buat air besar, bayi mengejan yang membuat perut terasa kaku atau mengeras.

Perlu Anda ingat bahwa berbagai cara yang disebutkan diatas sebaiknya dilakukan setelah konsultasi dengan dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dokter melalui aplikasi SehatQ. 

Bila Anda membutuhkan susu formula yang tepat, bisa juga membelinya di TokoSehatQ, yang merupakan fitur baru dari website SehatQ untuk mendapatkan produk original berdasarkan resep dokter ahli. Selain itu, Anda juga dapat membeli kebutuhan ibu dan anak di marketplace Toko SehatQ. 
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar